Kepindahan Wendel Ke Sporting Lisbon, Bukti Lemahnya Ekonomi Klub Sepakbola Brazil

Bolamaster88 – Kepindahan Wendel Ke Sporting Lisbon, Bukti Lemahnya Ekonomi Klub Sepakbola Brazil. Brazil telah lama dikenal sebagai negara yang melahirkan banyak bintang sepakbola. Prestasi tim nasional Brazil secara tidak langsung didukung oleh kesuksesan para pemain mereka yang berlaga di berbagai liga sepakboa elit dunia; khususnya di benua Eropa.

 

Kepindahan Wendel Ke Sporting Lisbon, Bukti Lemahnya Ekonomi Klub Sepakbola Brazil

 

Banyaknya pemain sepakbola Brazil yang memilih merumput di Eropa sangat membantu prestasi tim nasional; namun di sisi lain membuat liga sepakbola Brazil dan juga prestasi klub sepakbola Brazil menjadi dianggap kurang berkelas. Situasi tersebut ternyata sangat disadari oleh seorang Abel Braga yang merupakan manajer klub Fluminense. Pelatih sepakbola dengan pengalaman segudang tersebut mengeluhkan kepergian Wendel dari klub yang ia tangani di bursa transfer Januari ini.

 

Gelandang berusia 20 tahun tersebut menjalani debutnya di bulan Februari tahun lalu dan kurang dari 60 pertandingan yang ia jalani telah menarik perhatian banyak klub besar Eropa. Braga menjadi sosok yang menyadari potensi Wendel ketika pemain tersebut bermain bersama tim U-20 dan menariknya ke tim utama. Paris Saint-Germain menjadi salah satu klub yang sangat ingin merekrut Wendel di bursa transfer Januari ini; namun resiko terkena sanksi Financial Fair Play membuat klub asal Perancis tersebut urung merekrut Wendel.

 

Gagal direkrut Paris Saint-Germain bukan berarti peluang pindah ke Eropa tertutup bagi Wendel; ia segera mendapat tawaran dari klub Portugal Sporting Lisbon. Abel Braga dan Fluminense kembali kehilangan seorang pemain muda berkualitas dan berpotensi menjadi bintang; demikian pula liga sepakbola Brazil. Ekonomi Brazil dan kekuatan finansial klub yang lemah disebut oleh Braga sebagai alasan kebanyakan pemain bintang Brazil memilih untuk merumput di klub – klub Eropa.

 

Wendel memiliki kelebihan berupa postur ideal dan kontrol bola yang sangat baik meski terlalu bergantung pada kaki kanan. Kemampuan menembak dengan keras dan akurat dari luar kotak penalti juga menjadi kelebihan lain yang dimiliki pemain muda tersebut. Pindah ke Eropa di bursa transfer Januari memang menjadi pilihan banyak pemain muda Brazil. Menjalani paruh kedua musim kompetisi untuk beradaptasi dapat memudahkan memulai musim berikutnya dengan lebih baik.

 

Sporting Lisbon disebut Braga telah melakukan keputusan investasi yang baik. Pindah ke Portugal dapat menjadi pilihan tepat untuk memudahkan beradaptasi dengan Eropa; kesamaan bahasa dapat menjadi faktor yang sangat menguntungkan bagi pemain Brazil.